I went into the world of the mind

“Pernah saya bicarakan di dalam pidato-pidato saya, antara lain pidato saya di Senayan, bahwa oleh karena saya dulu itu mahasiswa miskin, saya tingggalkan dunia yang materiil ini, kataku –I left the material world– lantas saya masuk in the world of the mind, masuk di dalam alam khayal, alam pikiran –I went into the world of the mind, kataku. Artinya, saya masuk di dalam buku-buku, saya membaca buku banyak sekali, malahan saya berkata, “in the world of the mind, I met the great man.” Di dalam alam khayal, di dalam alam pemikiran itu, saya berjumpa dengan orang-orang besar, kataku, saya berjumpa dengan Karl Marx, saya berjumpa dengan Friederich Engel, saya berjumpa dengan Kautsky, saya berjumpa dengan Mahatma Gandhi, saya berjumpa dengan Thomas Jefferson, saya berjumpa dengan Franklin Delano Roosevelt, saya berjumpa dengan Gladstone, saya berjumpa dengan Poincare, saya berjumpa dengan Talleyrand, dan pemimpin-pemimpin dunia yang lain, orang-orang besar.”
– Bung Karno

sapaan untuk sebuah senyuman. ;)

